Pengalaman Service Iphone di iBox Dago Rp. 0,- Diganti Unit Baru! - Radarhijau

Zero Waste, Health, Science, Movie, Business and Tips!

Latest Update
Fetching data...

Saturday, November 28, 2020

Pengalaman Service Iphone di iBox Dago Rp. 0,- Diganti Unit Baru!

Selamat siang, hallo semua!

Pengalaman service iPhone di iBox


Hari ini, Sabtu 28 November 2020 di Bandung cucanya gerimis-gerimis romantis. Setelah sekian lama saya meninggalkan Kota Bandung dikarenakan wabah Covid-19, akhirnya saya datang kembali mengunjungi Kota Kembang ini. Tak lain, keperluan yang mendorong saya singah di Bandung yaitu untuk memperbaiki iPhone saya yang rusak (sekalian melepas kangen Kota Bandung sih hehe).

Jadi buat kalian yang sedang mencari informasi bagamana cara service di iBox, bagaimana cara claim garansi iPhone di iBox?, berapa biaya service iPhone di iBox?, berapa lama durasi waktu service iPhone di iBox? Kalian tepat sekali menemukan artikel ini.

Singkat cerita, iPhone saya setelah melakukan update iOS 14.2 tiba-tiba hang dan black screen. Awal sedikit panik, hingga akhirnya Saya coba searching-searching di mbah google cara mengatasi iPhone yang black screen. Munculah cara-cara dari situs resmi apple sampai situs blogger. Saya sudah mengikuti langkah-langkah yang telah di tunjukan, mulai dari hard reboot, install ulang OS melalui iTunes, recovery melalui iTunes, semuanya NIHIL alias tidak ada hasil. iPhone saya tetap stuck di logo Apple bahkan bar progress recovery pun tidak muncul sama sekali. Sangat melelahkan, jujur Saya mencoba hal tersebut sudah beberapa kali sampai 3 hari berturut-turut begadang demi kondisi iPhone kembali normal.

Situs apple support:

https://support.apple

https://support.apple.com/id-id/HT210616

Selain mencari info melalui mbah google, saya juga berikhtiar di jalan lain yaitu menelfon apple center Indonesia. Respon apple Indonesia jujur ramah dan komunikatif, namun sayang sekali petunjuk yang diberikan apple center semuanya sudah saya lakukan sebelumnya. Akhirnya jalan terakhir yaitu mendatangi apple service terdekat. Lokasi apple service terdekat dari rumah yaitu iBox Dago.

Sebelum saya pergi ke iBox Dago, saya coba cari tahu dulu dong infromasi service di iBox bagaimana. Akhirnya teman saya punya teman yang kerja di iBox Dago, berdasarkan kendala yang sudah saya ceritakan, katanya estimasi biayanya sekitar 350 ribu rupiah (jujur ini lumayan banget buat jajan) dan katanya bisa selesai cuma satu hari saja. Saya pun menanyakan ulang, perihal jika garansi masih berlaku apakah masih bayar atau free, dan jawabannya tidak memuaskan (kurang tahu, coba tanyakan ke bagian service langsung).

Saya sedikit  khawatir, dikarenakan saya memberli iPhone 7 plus ini di Tokopedia (toko resmi tentunya dan berlabel "garansi iBox"). Namun, setelah saya cek serial number iPhone saya ternyata benar saya di cover garansi selama 1 tahun. Tapi tetap saja masih harap-harap cemas.

Akhirnya setelah uang terkumpul, Saya pun meluncur ke Kota Bandung. Setelah saya sampai di iBox dago, saya masuk dan langsung mengisi form antrian (nama, jenis device, dan masalah device). Kondisi saat itu tidak terlalu ramai, saya hanya menunggu 2 orang di atas saya saja. Nama Saya pun dipanggi, dan pihak iBox mengatakan bahwa perihal claim garansi harus ditunggu dulu karena harus di cek kondisi iPhone saya. Jika ada indikasi permasalahan dikarenakan adanya kecerobohan seperti jatuh, tercebur dll ini auto claim garansi ditolak. Saya pun mengisi form service. Kaget banget estimasi waktu perbaiaknnya 30 hari! Jujur sih untuk orang yang tidak mempunyai handphone cadangan akan kewalahan.

Akhirnya iPhone saya diserahkan ke pihak iBox dan syarat utamanya yaitu harus mematikan "find my iPhone". Oh iya, proses service ini pisa kita tracking perkembangannya melalui situs service iBox https://aasp.ibox.co.id/ dengan memasukan nomor ESO yang tertera di form service. Dan satu hal lagi, ketika kita picup iPhone kita, form service HARUS DIBAWA!. 

Singkat cerita (dari tadi singkat cerita mulu tapi panjang bgt ceritanya wkwk maafkan), hanya sekitar satu minggu iPhone saya sudah bisa di ambil. Seneng banget!! dan ternyata TIDAK BAYAR SAMA SEKALI alias Rp.0,- Alhamdulillah.

Dan... Alhamdulillahnya lagi, iPhone saya diganti unit baru. iPhone Saya pun kembali mulus guys! hehe. dan garansi ihone untit baru ini 3 bulan, tapi jika garansi utama kita lebih besar dari 3 bulan tersebut maka garansi yang berlaku garansi utama kita. Oh iya masalah data-data kita di iPhone yang tidak ter backup di iCloud tentunya akan hilang ya teman. Tapi ini tidak masalah bagi saya, karena saya sudah biasa backup data handphone sebulan sekali (data dipindahkan ke laptop/ hard disk).

Setelah saya registrasi di iphone baru, ternyata iOS yang terpasang masih iOS 13, niat hati ingin update ke IOS 14 lagi tapi takut crash lagi (trauma wkk) Akhirnya saya meminta bantuan ke pihak iBOx apakah bisa membantu saya dalam update iOS. Dan ternyata bisa, tapi kemungkinan ada tambahan biaya 300 ribu an kata mbak fornt desk nya (Saya kaget!!). AKhirnya saya nanya, apakah bisa free jika garansi masih ada? lalu mbak nya coba mengecek terlebih dahulu. The ending yaitu FREE guys! hehe. Alhamdulillah lagi.

Berikut adalah screenshoot proses service iPhone saya.

screenshoot proses service iPhone

Info tambahan buat kalian yang tidak memiliki garansi, ini gambaran biaya service di iBox Dago. Waktu itu saya meminta izin untuk mempotret info ini.

Selamat Datang di iBOX

Estimasi Biaya Service di iBOX


Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)
EmoticonEmoticon