TIPS KULIAH ONLINE - Radarhijau

Zero Waste, Health, Science, Movie, Business and Tips!

Latest Update
Fetching data...

Friday, October 30, 2020

TIPS KULIAH ONLINE


Hi Sahabat hijau! Apa kabar semuanya? Buat yang belum kenal, perkenalkan saya Riki, penulis radarhijau. Di postingan ini saya akan berbagi tips melaksanakan kuliah online. Seperti yang kita ketahui bahwa sudah hampir satu tahun ini kita berjuang bersama menghadapi wabah COVID-19. Banyak tantangan yang dihadapi mulai dari kesehatan, perekonomian, sampai ke ranah pendidikan.

Tips Kuliah Online


Belajar secara online tentu mempunyai tantangan tersendiri. Bagaimana cara mengatur waktu, mengatur mood, bahkan mengatur mental saat melakukan kegiatan kuliah atau belajar online itu sangat penting. Alih-alih kita mendapatkan ilmu saat belajar online, malah kita mendapatkan tekanan yang luar biasa. Lalu bagaimana cara untuk tetap semangat dan menggebu saat belajar online? Berikut saya tulis beberapa tips melakukan kuliah online atau belajar onlien.

1. Megatur Jadwal Kegiatan yang Realistis

Di sini saya tidak memaksa kalian untuk menyisihkan waktu yang banyak untuk terus menerus belajar. Tapi yang sangat ditekankan adalah waktu yang "serius" yang bisa kalian pertanggung jawabkan untuk belajar. Cobalah memulai untuk membagi 24 jam waktu kalian menjadi beberapa bagian waktu prioritas.
Apa saja pembagian waktu prioritas tersebut? Nah kalian bisa membagi 24 jam waktu kalian menjadi:
- Waktu untuk kegiatan urgent,
digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas deadline. Oh iya, kalian harus sering-sering buka e-learning kampus ya.. jangan sampai ada deadline yang terlewat karena lupa. Bila perlu minta bantuan teman untuk saling emngingatkan deadline tugas.
- Waktu untuk kegiatan penting,
digunakan untuk mengerjakan tugas rutinitas (tugas cicilan)
- Waktu untuk kegiatan tidak penting,
digunakan untuk bersantai, bermain game, chatting bersama teman, dll.

atau kalian bisa menerapkan pembagian waktu berdasarkan video dari Hutata berikut ini:


2. Persiapkan Atmosfer Belajar Ternyaman Kalian

Ini yang terpenting! Sebelum memulai belajar cobalah perisapkan segala sesuatu keperluan belajar terleih dahulu seperti snack favorit kalian, laptop dalam kondisi standby (sudah menyala siap pakai), aroma ruangan yang kalian suka, buku pelajaran yang akan digunakan, quota internet lancar untuk browsring, pulpen yang lancar, playlist music (khusus buat kalian yang suka belajar sambil dengerin musik). Waktu persiapan tidak termasuk ke dalam waktu belajar!! so.. persiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu, barulah mulai belajar.

3. Persiapkan Jaringan Internet yang Mumpuni

Pilihlah provider atau wifi terbaik kalian, cari tempat yang mempunyai sinyal bagus untuk menunjang kegiatan belajar online kalian.

4. Mandi Dulu

Jika kalian kuliah pagi, sumpah wajib mandi dulu. Bukan apa apa, tapi ini buat kalian fresh banget! Jika tidak percaya, coba buktikan sendiri. 

5. Beri Apresiasi atau Reward untuk Diri Kalian Sendiri

Asli ini penting banget! Minimal seminggu sekali kalian beri hadiah ke diri kalian sendiri. Bentuk hadiah tersebut bisa berupa tidur siang, makan ice cream kesukaan, santai nonton film, belanja online, atau sekadar voice call atau video call berjam-jam dengan teman kalian. Ucapkan terimakasih ke diri kalian, terimakasih tas usaha keras selama satu pekan dalam melakukan kegiatan kuliah online. Sekecil apapun capaian dalam satu pekan, selalu ingat untuk berterimakasih ke diri sendiri. Sekali lagi tips ini harus dilakukan ya teman, ini penting.

Intinya selama kuliah online, sebisa mungkin kita juga harus menjaga flow mood kita, tetap menjaga perasaan diri sendiri. Jika dirasa harus berhenti sejenak dan beristirahat, lakukanlah.. beristirahatlah sejenak, barulah kita mulai lagi berjuang. Oke? Sip!

Oke sahabat hijau, itulah 5 tips yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat ya.
salam.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)
EmoticonEmoticon