Refrensi Perencanaan Sistem Plumbing - Radarhijau

Zero Waste, Health, Science, Movie, Business and Tips!

Latest Update
Fetching data...

Sunday, May 5, 2019

Refrensi Perencanaan Sistem Plumbing

Assalamualaikum Sahabat Hijau! Di artikel ini Saya akan memberikan sedikit informasi tentang Perencanaan Sistem Plumbing. Yuk simak bareng.
Refrensi Perencanaan Sistem Plumbing

1. Pengertian Plumbing

Plambing merupakan suatu sistem pemipaan dan peralatan yang bertujuan untuk menyediakan air bersih yang memenuhi syarat kualitas dan kontinuitas, juga saluran air buangan kotor dari tempat tempat tertentu tanpa mencemari bagian bagian penting dalam sistem pipa agar mencapai kondisi higienis untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana guna memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada pengguna gedung saat kondisi normal tidak memberikan bahaya potensial pada kesehatan manusia maka salah satu upayanya adalah dengan merancang sistem plambing yang baik pada bagian dalam gedung dan lingkungan gedung tempat bekerja yang meliputi system penyediaan air minum, system penyaluran air buangan dan ven, system pencegah kebakaran dan system penyaluran air hujan. (Soufyan M. Noerbambang dan Takeo Morimura: 1991).

2. Sistem Plumbing

Sistem plambing merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pembangunan gedung. Oleh karena itu perencanaan dan perancangan system plambing harus dilakukan bersamaan dan sesuai dengan tahapan-tahapan perencanaan dan perancangan gedung itu sendiri, dengan memperlihatkan secara seksama hubungannya dengan bagian-bagian konstruksi gedung serta dengan peralatan lainnya yang ada.

3. Refrensi Perencanaan Sistem Plumbing

Refrensi Perencanaan Sistem Plumbing mencakup tinjauan umum hingga perhitungan yang mengacu pada Standar Nasional Indonesia mengenai tata cara perencanaan sistem plambing diantaranya adalah:

  1. Noerbambang, M Sofyan. 1996. Perencanaan dan Pemeliharaan Sistem plambing. PT.Pradnya Paramita. Jakarta.
  2. Standar Nasional Indonesia 03-6481-2000 Spesifikasi Sistem Plambing
  3. Standar Nasional Indonesia 03-7065-2005 Tata Cara Perencanaan Sistem Plambing
  4. Standar Nasional Indonesia 8153: 2015 Sistem Plambing pada Bangunan Gedung