7 Tips Memilih Kostan untuk Mahasiswa Baru - Radarhijau

Zero Waste, Health, Science, Movie, Business and Tips!

Latest Update
Fetching data...

Tuesday, April 30, 2019

7 Tips Memilih Kostan untuk Mahasiswa Baru

7 Tips Memilih Kostan untuk Mahasiswa Baru

Assalamualaikum Sahabat Hijau, kali ini aku mau coba memberikan & Tips Memilih Kostan untuk Mahasiswa Baru. Buat kalian mahasiswa baru yang sedang bingung memilih kostan yang seperti apa, atau buat kalian yang tidak mau salah pipih saat memilih kostan pertama aklian, so jangan khawatir. Di sini aku mau memberikan 7 Tips Memilih Kostan. Yuk langsung saja kita simak.

Terdekat dari Kampus
1. Terdekat dari Kampus
Ini sih wajib pake banget ya sahabat, selain dapat mengemat uang transport. Keuntungan memilih kostan yang dekat dengan kampus yaitu kita bisa antisipasi telat masuk kuliah. Dan tentunya saat jam kosong kita bisa pulang dulu ke kostan untuk sejenak istirahat atau mungkin makan di kostan (double hemat kan). Di saat ada kegiatan kampus yang mengharuskan kalain pulang malam seperti kegiatan organisasi atau jam tambahan, kalian tidak usah khawatir karena kostan kalian kan dekat dengan kampus hehe. Jadi jika memungkinkan ada sebuah kostan dekat dengan kampus, so pilihlah kostan itu.

Supply Air Bersih Terjamin
2. Supply Air Bersih Terjamin
Ini tidak akalah penting! Hal ini sebenarnya seringkali dilewatkan oleh orang-orang saat memilih tempat tinggal atau kostan. Sekarang cobalah tanyakan terlebih dahulu ke Ibu Kost perihal ketersediaan air bersihnya, apakah airnya bersih, apakah airnya lancar dll. Lalu apasih keuntungan kita mendapat air bersih yang terjamin. Jangan ditanya, tentunya kalian sudah tau jawabanya. Selain suasana mandi terasa nyaman, kita juga tidak perlu memakai air galon untuk sikat gigi atau bahkan jika airnya bersih kita juga bisa memasaknya menjadi air minum jadi tidak usah lagi membeli air galon.

Sedikit cerita, saya mempunyai pengalaman mendapatkan kostan yang airnya bau besi. OH NO! sangat menyiksa, air harus didiamkan dulu agar kandungan besi mengendap di dasar bak, dan tau tidak bahwa endapan itu berwarna kuning besi yang sangat sangat mengotori lantai, bak, kloset dll. Sampai-sampai aku bosan membersihkan kamar mandi. Pastinya ketika aku gososk gigi selalu menggunakan air galon dan cuci muka pun demikian. Jadi buat kalian jangan sampai menyesal ya, PLEASE perhatikan kondisi air bersih di calon tempat kost kalian.

Ventilasi Udara dan Cahaya Alami
3. Tersedia Ventilasi Udara dan Cahaya Alami
Ini sebenarnya menurutku adalah moodboaster banget buat kondisi belajar. Aku sendiri tipe orang yang bisa fokus belajar jika tempat sudah sesuai mood. Salah satu contohnya yaitu adanya udara segar yang masuk kamar dan cahaya matahari yang menerangi dari sudut sisi jendela. Selain itu, cahaya matahari juga bisa digunakan sebagai penerangan alami, jadi aku tidak usah menyalakan lampu sat siang hari. Siklus udara juga sangat penting. Ingat walaupun kita pakai AC, itu tidak berpengaruh terhadap siklus udara. Prinsip kerja AC hanya meniupkan udara dingin dan TIDAK menukar udara segar dari luar ke dalam. SO... ini penting banget buat sahabat hijau mencari kostan yang support siklus udara yang bagus. Siklus udara yang bagus dapat meminimalisisr timbulnya bibit-bibit penyakit dan tentu menghilangkan bau-bau tidak sedap di dalam akmar.

Dekat dengan Fasilitas Umum
4. Dekat dengan Fasilitas Umum
Perhatiakn juga support fasilitas-fasilitas umum disekitar kostan kalian ya seperti warung, pasar, tempat loundry, rumah sakit/ klinik, tempat makan, ATM, dll. Semua itu sangat penting untuk membantu kebutuhan-kebutuhan sehari-hari kalian di kostan.

Berisik
5. Tidak Berisik
Penting banget! Aku sendiri berpendapat bahwa kostan adalah surga tempat beristirahat yang paling nyaman setelah kita menjalani kegiatan yang padat di kampus. Tidur yang nyaman dan berkualitas tentu sangat diharapkan. Jadi tidak ada salahnya jika kalian menanyakan perihal kebisingan di calon kostan kalaian kepada ibu kost.

cctv
6. Aman dari Pencurian dan Kriminalisasi
WASPADAI INI YA SAHABAT! Biasanya mahasiswa baru merupakan objek empuk untuk pelaku-pelaku pencurian. Ini terasa menjadi hal lumrah. Banyak teman saya, adik tingkat ketika baru masuk kuliah selang beberapa minggu banyak yang mengaku kehilanagn. Mulai dari kehilangan sepatu, Hp, laptop bahkan ada yang kehilangan motor pula. Jangan jauh-jauh ke teman, Akupun sempat merasakan kehilangan, sedih sih jika diceritakan intinya AKu tidak mau terjadi ke kalian. Jadi harus terus waspada. Tanyakan kepada Ibu kost tentang kemanan kostan dan bagaimana cara mengantisipasinya.

regulation
7. Patuhi Tata Tertib Kostan
Setelah kalian mendapatkan kriteria yang cocok mengenai kostan kalian. Sahabat hijau juga jangan sampai lupa untuk tetap mematuhi peraturan di kostan tersebut. Jadilah warga pendatang yang sopan, baik dan benar hehe.

Semangat sahabat hijauku!!!!

Oke itulah 7 TIps Memilih Kostan untuk Mahasiswa Baru, semoga membantu.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)
EmoticonEmoticon