Social Items

Selamat malam sahabat hijau, terkhusus buat kalian yang mau kuliah di tahun sekarang. Saya punya informasi perguruan tinggi sangat recommended banget!! yaitu Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB). Sebelumnya pasti diantara kalian sudah tak asing lagi bukan dengan kata "IPB". Di sini saya akan mencoba memberikan informasi sedikit mengenai
 Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB).


Program diploma Institut pertanian bogor

Logo Diploma IPB


  • TERAKREDITASI BAIK oleh BAN-PT dan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.
  • Mutu pendidikan terjamin menghasilkan ahli madya yang Tangguh, Terampil serta Berkualitas.

VISI dan MISI


Visi :
“Menjadi program unggulan yang mandiri dalam penyelenggaaraan dan pengembangan pendidikan diploma yang berkualitas dan profesional.”

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sekarang dan mendatang;
  2. Pengembangan IPTEK yang ramah lingkungan melalui penelitian mutakhir;
  3. Meningkatkan kesejahteraan umat manusia melalui penerapan dan pendayagunaan IPTEK;
  4. Terbentuknya masyarakat madani berdasarkan kebenaran dan hak azasi.

Profil

Status        : Negeri/IPB-BHMN
Staff Pengajar            : Dosen IPB, Pakar, serta Praktisi
Kurikulum        : Berbasis Kompetensi
Metode Pendidikan        : Praktek 60% Teori 40%
Suasana                : Work-Leissure-Learning
Citra                : Muda, Enerjik, Disiplin dan Ramah
Metoda Pengajaran        : Dialogis,Partisipatif,bernilai tambah,  menyenangkan, memudahkan serta berbasis IT

Sistem Pendidikan

  • Sistem paket dengan kurikulum berbasis kompetensi;
  • Jenjang Pendidikan Diploma 3 (tiga), lama pendidikan 3 (tiga) tahun;
  • Proporsi kurikulum sama dengan Teori 40% : Praktikum 60%.


Keunggulan Program Diploma IPB

  1. Status Negeri/BHMN dan semua Program Keahlian telah terakreditasi oleh BAN-PT.
  2. Fasilitas belajar lengkap dengan laboratorium lapang yang modern.
  3. Kualitas lulusan diakui nasional dan internasional.
  4. Memperoleh sertiiikasi ISO 9001:2008 sebagai pengakuan jaminan kualitas manajemen pendidikan.
  5. Kampus berada di tengah kota Bogor yang adem dan nyaman. Dekat dengan obyek wisata terkenal seperti Kebun Raya Bogor, Istana Bogor dan Puncak.
  6. Memiliki gedung modern, bersih dan nyaman. Keamanan dilengkapi CCTV security.
  7. Tenaga pengajar yang unggul dan profesional lulusan perguruan tinggi luar dan dalam negeri. Tenaga pengajar terdiri atas Dosen IPB, pakar dan praktisi yang ahli di bidangnya.
  8. Jaringan alumni yang besar dan tersebar di berbagai profesi di seluruh nusantara dan luar negeri.

Kampus

Kampus Diploma IPB Cilibende





Kampus IPB Gunung Gede



Lokasi Kampus Diploma IPB (Cilibende dan Gunung Gede):


Kampus IPB Baranang Siang



Lokasi Kampus IPB Baranangsiang:

Mekanisme Pendaftaran

  • Jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) Pendaftaran khusus Diploma
IPB mengirimkan undangan ke sekolah-sekolah setingkat SMA/SMK/MA;
Calon mahasiswa mendaftar melalui sekolah, menggunakan formulir khusus untuk Diploma;
Calon Calon mahasiswa hanya mendaftar untuk program Diploma saja;
Pola seleksi berdasarkan nilai raport dan prestasi selama di Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA), tanpa tes.

  • Pendaftaran Langsung (Reguler) Ujian saring melalui tes tulis;
  1. Matematika 
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
Pendaftaran di loket penerimaan mahasiswa baru;
Bulan Juni-Agustus.

  • Beasiswa Utusan Daerah (BUD)
Seleksi melalui Pemda/Pemkot di masing-masing daerah;
Pendaftaran di Pemda/Pemkot;
Bulan Januari-Juli.


Ruang Perkuliahan


Fasilitas

  • Lab Biologi
  • Lab Kulinari
  • Lab Fotografi
  • Lab Fisika
  • Lab Kimia
  • Lab Komputer
  • Lahan Percobaan
  • Lab Pengolahan
  • Lab Multimedia
  • Ruang Perkuliahan
  • Perpustakaan
  • Perkandangan
  • ATM Center

Program Keahlian

  1. Komunikasi
  2. Ekowisata
  3. Manajemen Informatika
  4. Teknik Komputer
  5. Supervisor Jaminan Mutu Pangan
  6. Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi
  7. Teknologi Industri Benih
  8. Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya
  9. Teknologi dan Manajemen Ternak
  10. Manajemen Agribisnis
  11. Manajemen Industri
  12. Analisis Kimia
  13. Teknik dan Manajemen Lingkungan (recommended!! Karena ini adalah PK kebanggaan gua hehe)
  14. Akuntansi
  15. Paramedik Veteriner
  16. Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu
  17. Perkebunan Kelapa Sawit (TIDAK menerima pendaftaran Mahasiswa Baru untuk TA 2015-2016)
  18. Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan

Demikian coretan singkat informasi mengenai Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB). Semoga bermanfaat. Hidup Mahasiswa! Salam hijau.

Baca juga: Cara menentukan Jurusan

Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB)

Radarhijau
Selamat malam sahabat hijau, terkhusus buat kalian yang mau kuliah di tahun sekarang. Saya punya informasi perguruan tinggi sangat recommended banget!! yaitu Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB). Sebelumnya pasti diantara kalian sudah tak asing lagi bukan dengan kata "IPB". Di sini saya akan mencoba memberikan informasi sedikit mengenai
 Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB).


Program diploma Institut pertanian bogor

Logo Diploma IPB


  • TERAKREDITASI BAIK oleh BAN-PT dan mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008.
  • Mutu pendidikan terjamin menghasilkan ahli madya yang Tangguh, Terampil serta Berkualitas.

VISI dan MISI


Visi :
“Menjadi program unggulan yang mandiri dalam penyelenggaaraan dan pengembangan pendidikan diploma yang berkualitas dan profesional.”

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sekarang dan mendatang;
  2. Pengembangan IPTEK yang ramah lingkungan melalui penelitian mutakhir;
  3. Meningkatkan kesejahteraan umat manusia melalui penerapan dan pendayagunaan IPTEK;
  4. Terbentuknya masyarakat madani berdasarkan kebenaran dan hak azasi.

Profil

Status        : Negeri/IPB-BHMN
Staff Pengajar            : Dosen IPB, Pakar, serta Praktisi
Kurikulum        : Berbasis Kompetensi
Metode Pendidikan        : Praktek 60% Teori 40%
Suasana                : Work-Leissure-Learning
Citra                : Muda, Enerjik, Disiplin dan Ramah
Metoda Pengajaran        : Dialogis,Partisipatif,bernilai tambah,  menyenangkan, memudahkan serta berbasis IT

Sistem Pendidikan

  • Sistem paket dengan kurikulum berbasis kompetensi;
  • Jenjang Pendidikan Diploma 3 (tiga), lama pendidikan 3 (tiga) tahun;
  • Proporsi kurikulum sama dengan Teori 40% : Praktikum 60%.


Keunggulan Program Diploma IPB

  1. Status Negeri/BHMN dan semua Program Keahlian telah terakreditasi oleh BAN-PT.
  2. Fasilitas belajar lengkap dengan laboratorium lapang yang modern.
  3. Kualitas lulusan diakui nasional dan internasional.
  4. Memperoleh sertiiikasi ISO 9001:2008 sebagai pengakuan jaminan kualitas manajemen pendidikan.
  5. Kampus berada di tengah kota Bogor yang adem dan nyaman. Dekat dengan obyek wisata terkenal seperti Kebun Raya Bogor, Istana Bogor dan Puncak.
  6. Memiliki gedung modern, bersih dan nyaman. Keamanan dilengkapi CCTV security.
  7. Tenaga pengajar yang unggul dan profesional lulusan perguruan tinggi luar dan dalam negeri. Tenaga pengajar terdiri atas Dosen IPB, pakar dan praktisi yang ahli di bidangnya.
  8. Jaringan alumni yang besar dan tersebar di berbagai profesi di seluruh nusantara dan luar negeri.

Kampus

Kampus Diploma IPB Cilibende





Kampus IPB Gunung Gede



Lokasi Kampus Diploma IPB (Cilibende dan Gunung Gede):


Kampus IPB Baranang Siang



Lokasi Kampus IPB Baranangsiang:

Mekanisme Pendaftaran

  • Jalur Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI) Pendaftaran khusus Diploma
IPB mengirimkan undangan ke sekolah-sekolah setingkat SMA/SMK/MA;
Calon mahasiswa mendaftar melalui sekolah, menggunakan formulir khusus untuk Diploma;
Calon Calon mahasiswa hanya mendaftar untuk program Diploma saja;
Pola seleksi berdasarkan nilai raport dan prestasi selama di Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA), tanpa tes.

  • Pendaftaran Langsung (Reguler) Ujian saring melalui tes tulis;
  1. Matematika 
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
Pendaftaran di loket penerimaan mahasiswa baru;
Bulan Juni-Agustus.

  • Beasiswa Utusan Daerah (BUD)
Seleksi melalui Pemda/Pemkot di masing-masing daerah;
Pendaftaran di Pemda/Pemkot;
Bulan Januari-Juli.


Ruang Perkuliahan


Fasilitas

  • Lab Biologi
  • Lab Kulinari
  • Lab Fotografi
  • Lab Fisika
  • Lab Kimia
  • Lab Komputer
  • Lahan Percobaan
  • Lab Pengolahan
  • Lab Multimedia
  • Ruang Perkuliahan
  • Perpustakaan
  • Perkandangan
  • ATM Center

Program Keahlian

  1. Komunikasi
  2. Ekowisata
  3. Manajemen Informatika
  4. Teknik Komputer
  5. Supervisor Jaminan Mutu Pangan
  6. Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi
  7. Teknologi Industri Benih
  8. Teknologi Produksi dan Manajemen Perikanan Budidaya
  9. Teknologi dan Manajemen Ternak
  10. Manajemen Agribisnis
  11. Manajemen Industri
  12. Analisis Kimia
  13. Teknik dan Manajemen Lingkungan (recommended!! Karena ini adalah PK kebanggaan gua hehe)
  14. Akuntansi
  15. Paramedik Veteriner
  16. Produksi dan Pengembangan Pertanian Terpadu
  17. Perkebunan Kelapa Sawit (TIDAK menerima pendaftaran Mahasiswa Baru untuk TA 2015-2016)
  18. Teknologi dan Manajemen Produksi Perkebunan

Demikian coretan singkat informasi mengenai Program Diploma Institut Pertanian Bogor (D3 IPB). Semoga bermanfaat. Hidup Mahasiswa! Salam hijau.

Baca juga: Cara menentukan Jurusan

13 comments:

  1. Kak, Aku tahun ini masuk PK Teknik dan Manajemen Lingkungan, hehe, beneran mantep ga nih ...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. selamat ya..
      Insya Allah Mantap!! kamu gak bakal bosen di LNK

      Delete
  2. Kak ujian tulisnya beneran cuma bahasa Indonesia, bahasa Inggris sama matematika aja kak? 😂

    ReplyDelete
  3. kak kalo boleh tau, pk yang paling banyak daya tampungnya apa ya?hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. PK besar (terdapat -+ 4 Kelas Besar) di program diploma IPB itu ada PK Komunikasi, Akutansi, dan Agribisnis.

      Delete
  4. Kak mau nanya kalo paramedik veteriner itu banyak peminat nya ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk banyak atau tidaknya saya juga tidak tahu pastinya dek, cuman untuk quota mahasiswa sepertinya di tahun 2017 meningkat. Jadi kesempatan masuk di PVT memiliki peluang lebih dari tahun yang lalu.

      terimakasih telah berkunjung

      Delete
  5. kak klo ga ada prestasi ada kemungkinan bisa lolos ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak aspek penilaiannya, bukan hanya dari prestasi saja ko dek..
      Bisa dilihat dari segi nilai raport, keaktifan di sekolah, bahkan track record Alumni di Kampus IPB. Dan yang paling utama adalah kekuatan Doa. Harus optimis, semua mempunyai peluang bisa menjadi Mahasiswa di IPB. Semangat!

      Delete
  6. Kak mau tanya. Tahun ajaran 18/19 ipb mau buka jalur pendaftaran ketua osis. Pengumuman pembukaan pendaftaran nya kapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, sudah banyak informasinya yang beredar mengenai IPB membuka jalur khusus untuk siswa yang pernah menjabat sebagai ketua OSIS. Untuk mengenai pembukaan pendaftarannya saya sendiri kurang tahu teknisnya. Sahabat bisa coba cari informasi melalui Humas IPB atau guru BK sahabat. Terimakasih telah berkunjung di Radarhijau.

      Delete

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)