7 Tips Membuat Desain Slide Presentasi yang Menarik

7 Tips Membuat Desain Slide Presentasi yang Menarik

Assalamualikum Sahabat Hijau, postingan kali ini saya akan membahas mengenai 7 Tips Membuat Desain Slide Presentasi yang Menarik. Setelah kita membaca postingan ini, hal yang diharapkan yaitu kita dapat memahami dan tahu hal apa saja yang harus dilakukan untuk memaksimalkan desain Slide Persentasi agar terlihat menarik.
Seperti yang kita ketahui bahwa bentuk persentasi itu banyak macamnya, bisa berbentuk fisik seperti poster, maket, dan lainnya. Adapun materi persentasi yang berbentuk non fisik seperti video, music, bahkan gabungan keduanya. Di zaman milineal ini tentunya cara mempersentasikan sebuah materi sudah menerapkan bentuk non fisik atau digital. 

logo ms powerpoint
Gambar logo ms powerpoint 2016

Banyak sekali sekali software yang menyajikan fasilitas pembuatan materi persentasi seperti, microsoft power point, emaze, Haiku Deck, Prezi, Visme, dan masih bnayak lagi.

Tips 1

Rangkum Materi yang anda punya. Rangkuman tersebut harus mengandung minimal 5W+1H (What, who, when, where, why, and How)

Tips 2

Buatlah outline/ pokok bahasan dari setiap slide kamu
Contoh:
Slide 1: Berisi Judul dan informasi mengenai creator/ identitas kamu
Slide 2: Berisi Latar belakang permasalahan
Slide 3: Berisi Konten a
Slide 4: Berisi konten b
Slide 5: Berisi Rangkuman
Slide 6: Berisi Penutup/ ucapan terimakasih

Tips 3

Hanya menuliskan Point-point penting saja! penjelasan dan penjabaran lebih luas sebaiknya hanya perlu di ingat tanpa ditulis secara gamblang dalam slide. Ingat ini adalah power point (kekuatan point) kita bukan sedang membuat makalah atau bahkan novel. Lalu Bagaimana jika kita lupa mengenai point-point yang ada di slide? Caranya mudah, kita cukup menampahkan sedikit clue dalam point tersebut..

Jika kamu mampu menguasai materi, maka hal ini bukanlah tantangan besar untuk kamu. semakin sedikit text yang ditampilkan dalam slide dan semakin kamu lihai dalam menjelaskan point maka kamu dapat dikatakan sukses menyampaikan persentasi.  

Tips 4

Bermain dengan layout slide. Layout slide itu sangat penting. Setiap layout mempunyai fungsi yang berbeda-beda. layout title slide berfungsi untuk membuat slide judul, Section Header berfungsi untuk slide pemisah antar materi. Comparison berfungsi untuk membandingkan dua materi yang berbeda. dan masih banyak lagi bentuk layout lainya.. dan tentunya layout ini bukanlah acuan baku, kita bisa rubah sesuai kebutuhan.

Tips 5

Bermain dengan Warna.  Warna mengekspresikan perasaan tertentu. Warna yang terang dan lebih cerah sering terlihat lebih menyenangkan, sementara warna yang lebih gelap dan lebih dingin lebih menggambarkan kesan profesional.
Perlu di ingat bahwa gunakan warna yang kontras dan lembut di mata (kalo bisa sih lembut di hati juga), jangan sampai warna saling menimpa apalagi membuat teks konten utama tidak terbaca.

Tips 6

Typografi/ Pemilihan Font
Font dibedakan menjadi 3 macam. Pertama yaitu Font Serif, Serif adalah jenis font dasar dalam dunia tipografi, karena memiliki busur elit atau goresan kecil pada setiap akhir hurufnya. Macam-macam jenis font serif yang biasa digunakan adalah: georgia, times new roman, rockwell, perpetua, dan huruf-huruf sejenisnya.

Kedua yaitu font sans serif, Jenis font san serif merupakan kebalikan dari jenis font serif. Kata “San” sendiri memiliki arti tanpa atau tidak.
Ini berarti jenis font san serif adalah jenis font yang tidak memiliki busur elit atau goresan kecil pada setiap akhir hurufnya. Font jenis ini sangat direkomendasikan dalam pemuatan persentasi karena font ini terlihat lebih simple, tidak berat (lembut saat dibaca) dan tentunya memilki kesan minimalis. Macam-macam jenis font san serif yang biasa digunakan adalah: tahoma, univers, arial, arrial regular, arial black, dan huruf-huruf sejenisnya.

Ketiga adalah font script, Jenis font script adalah font yang lebih mengutamakan kesan perasaan kepada pembacanya.
Jenis font ini memiliki ciri yang khas seperti tulisan manusia pada umumnya, Seperti tulisan dari kapur, tulisan kaligrafi, atau bahkan tulisan anak-anak. Ini juga cocok dijadikan font persentasi, namun hanya cocok untuk text singat seperti judul atau sub judul.
Macam-macam jenis font san serif yang biasa digunakan adalah: comic sans, mistral, lucinda, monotype, script brush, , dan huruf-huruf sejenisnya.

Tips 7

Detail Desain
Meliputi Fotografi, icon, dan grafik
- Gunakan foto yang berkualitas HD (Kamu bisa mendapatkan foto tersebut dari foto milik pribadi ataupun foto free credit dari internet (situs reccomended penyedia foto gratis yaitu 
1. Unsplash.com
2. Pixabay.com
- Kamu juga bisa menyisipkan gambar png/ icon sebagai pelengkap ilustrasi slide persentasi.
atau bahkan video
- Usahakan selalu sajikan materi dalam bentuk diagram atau bagan yang menarik dan mudah dibaca
- Penambahan animasi dan transisi juga bisa dijadikan alternatif, namun jangan terllau berlebihan dalam menambahkan animasi

7 Tips Membuat Desain Slide Presentasi yang Menarik
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)