Logo Ecolabelling Produk Kertas HVS

Logo Ecolabelling Produk Kertas HVS

Sahabat hijau, pernahkah kalian perhatikan adanya eco label pada kemasan produk yang kalian beli?
Oke sebelumnya apa sih Ecolabelling itu? Ecolabelling adalah salah satu bentuk standar yang diciptakan untuk memberikan keseimbangan antara kepentingan perdagangan dan upaya pelestarian lingkungan. (hukumonline.com). Ecolabelling kemudian diwujudnyatakan melalui pemberian label atau sertifikasi pada produk yang proses pembuatannya telah sesuai dengan asas kelesatarian lingkungan.

Saya pribadi sebagai mahasiswa yang menyandang logo kalpataru mempunyai tanggung jawab moral dalam menginformasikan hal ini kepada semua orang, termasuk untuk Sahabat Hijau sekalian. Sekarang kita tidak usah lagi terlalu panjang berkoar tentang degradasi lingkungan, pencemaran dan lain sebagaiya, karena itu semua sudah jelas terlihat di depan mata kita. Lebih baik yuk kita buat gerakan sederhana, setidaknya bergerak ke arah kepedulian terhadap lingkungan.

Salah satu upaya peduli terhadap lingkungan adalah mendukung gerakan penggunaan produk ecolabelling. Ini bukan bentuk promosi/endors ke salah satu produk atau sebagainya ya Sahabat, tapi ini adalah seruan sebuah pilihan. Jadi, jika dirasa gerakan ini berguna, silahkan diterapkan :)

Kenapa produk itu harus mempunyai logo ecolabelling?
Di sini sebuah produk tidak semerta-merta memasang logo ecolabelling dengan begitu saja, namun perusahaan pembuat produk itu harus melalui proses pengujian yang panjang. Diutamakan produk yang bahan dasarnya atau dalam proses pembuatannya menyinggung secara garis besar terhadap lingkungan seharusnya wajib menggunakan logo ecolabelling. Salah satu produk yang seharusnya menggunakan logo ecolabelling yaitu produk yang bahan dasarnya dari kayu/pohon (contoh. produk kertas dan tissue).

Produk kertas dan tissue merupakan produk yang bahan dasarnya yaitu pulp. Pulp adalah hasil pemisahan serat dari bahan baku berserat (biasanya berupa kayu) melalui berbagai proses pembuatannya (mekanis, semikimia, kimia). Pulp terdiri dari serat - serat (selulosa dan hemiselulosa) sebagai bahan baku kertas.

Diperlukan 1 Batang Pohon Usia 5 Tahun untuk Memproduksi 1 Rim Kertas. (kompasiana.com)
Coba bayangkan oleh kalian, dalam satu hari berapa rim kertas yang digunakan untuk seluruh wilayah indonesia, untuk perkantoran, untuk sekolah, untuk membuat surat cinta (yang terkadang tidak cukup dengan satu kertas saja, karena salah terus dalam penulisan suratnya). Dan sekarang coba bayangkan dalam satu hari berapa rim kertas yang digunakan untuk seluruh wilayah yang ada di bumi? dan itu baru terhitung hanya untuk kertas, belum untuk tissue dan produk kertas lain sejenisnya.

Berapa juta pohon yang ditebang setiap harinya? 
Pohon yang ditebang untuk pembuatan kertas tersebut berasal dari mana? Ketelusuran asal pohon harus jelas!. Nah, disinilah fungsi dari ecolabelling. Ecolabelling berperan dalam menjaga keseimbangan, ketelusuran suatu produk akan keseimbangan dengan lingkungannya, intinya produk tersebut ramah lingkungan. Produk kertas yang memiliki ecolabelling sudah dipastikan dalam proses industri atau pembuatannya sudah memenuhi kaidah-kaidah lingkungan. Asal pohon yang digunakan sebagai bahan baku merupakan pohon yang berasal dari  hutan yang dikelola secara lestari.

Salah satu (salah dua) contoh produk kertas yang memiliki logo  ecolabelling adalah produk kertas Paper One dan produk kertas Bola Dunia.

Paperone PEFC
sumber: www.ifcc-ksk.org

Paper One memiliki sertifikat ecolabelling PEFC. Sertifikat Ecolabelling PEFC adalah sistem sertifikasi internasional untuk kehutanan yang terbesar dan terpercaya di dunia. PEFC itu sendiri merupakan singkatan dari Programme for the Endorsement of Forest Certification. 

Sertifikasi Pengelolaan Hutan Lestari PEFC merupakan alat pasar yang bersifat sukarela, sehingga tidak ada pertentangan apapun dengan SVLK (Sistem Verifikasi Legalitas Kayu) yang diwajibkan oleh pemerintah. Sertifikat dan logo PEFC sebagai bukti bahwa mereka hanya membeli produk kayu, pulp, kertas dan turunannya yang berasal dari hutan yang dikelola secara lestari. Sehingga produk-produk yang mendapat sertifikasi dan logo PEFC sudah lulus standar Indonesian Forestry Certification Cooperation (IFCC), bisa terus dipasarkan kepada perusahaan dan konsumen dunia.


gambar 1 rim HVS Bola Dunia
sumber gambar: Bukalapak Edit by Admin

Produk kertas Bola Dunia tersertifikasi Ramah Lingkungan dengan No. 002/MALECO/VII/2006. PT Mutu Agung Lestari Ekolabel (MALECO) adalah  lembaga sertifikasi ekolabel yang sudah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Skema Ekolabel  yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  dan BSN-KAN ini adalah Ekolabel Tipe I yaitu pemberian ekolabel oleh pihak ketiga kepada produk yang memenuhi seperangkat persyaratan yang telah ditetapkan.

Sertifikasi ekolabel dikembangkan dengan mengacu ISO 14024, ketentuan hukum yang berlaku UU No 2 tahun 1997 tentang pengelolaan lingkungan hidup, UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen, baku mutu lingkungan, konvensi intemasional dan standar terkait serta dokumen terkait lainnya (kan.or.id). 

Kelebihan dari adanya pemasangan/sertifikasi eco label:
  1. Proses industri/pembuatan produk selaras dengan pelestarian lingkungan berbasis ekonomi dengan manfaat jangka panjang (minim dampak lingkungan secara besar).
  2. Produk yang dilabeli atau telah memperoleh sertifikat ecolabel tentu memiliki permintaan yang lebih tinggi daripada produk tanpa ecolabel apalagi bagi konsumen yang berada di negara-negara maju.

Kekurangan dari adanya pemasangan/sertifikasi eco label:
  1. Sertifikasi ecolabelling tidaklah murah mengingat ada suatu prosedur verifikasi yang cukup panjang dan rumit apabila sebuah industri ingin memperoleh ecolabelling.

Itulah sedikit uraian mengenai eco label atau  Ecolabelling. Setelah kita tahu sedikit info mengenai  Ecolabelling, tentunya kita harus lebih peduli lagi dengan setiap produk yang kita beli. Selain selalu cek tanggal kadaluarsa, cek juga eco label-nya.

Sekian, terimakasih
Logo Ecolabelling Produk Kertas HVS
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)