Program Diploma (D3) Institut Pertanian Bogor (IPB); Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan

Program Diploma (D3) Institut Pertanian Bogor (IPB); Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan

Teknik dan Manajemen Lingkungan 
Program Diploma IPB
Logo Kalpataru LNK
Logo Kalpataru LNK

Selamat malam sahabat hijau! Sebelumnya kan kita udah bahas nih mengenai apa itu Program Diploma IPB beserta Program-program keahliannya. Kali ini saya mencoba untuk berbagi informasi mengenai salah satu program keahlian di Diploma IPB tersebut yaitu Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan. Okay yang penasaran dengan apa itu Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan langsung saja yuk kita bahas!


Tujuan Pendidikan

Menghasilkan tenaga ahli madya manajemen dan teknik lingkungan guna memenuhi kebutuhan tenaga terampil yang dapat melaksanakan kegiatan pengelolaan dan pemantauan dampak lingkungan dari berbagai kegiatan pembangunan bidang pertanian, kehutanan, perikanan, peternakan, industri, pertambangan, perkebunan, energi dan sebagainya.


Di Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan itu belajar apa aja sih? Nah berikut ini adalah gambaran umum apa saja yang akan kita pelajari jika kuliah di D3 IPB Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan.

Matakuliah Ciri Keahlian 

  • Mikrobiologi
Membahas keragaman mikroorganisme, mikroorganisme dan lingkungan, metabolisme organisme, hubungan antar mikroorganisme, hubungan mikroorganisme dengan makhluk lain, peranan mikroorganisme dalam pencemaran lingkungan, pendekatan bioteknologi dalam pengendalian pencemaran lingkungan.

  • Instrumental Lingkungan
Mempelajari metode pengukuran parameter-parameter lingkungan dengan menggunakan instrumentasi-instrumentasi modern seperti spektroskopi, absorpsi, emisi, fluorsensi dan lain-lain.

  • Klimatologi
Mempelajari komposisi dan lapisan atmosfer bumi, radiasi surya, intensitas dan lama penyinaran, kualitas sinar dan panjang hari, tekanan udara, angin, suhu udara dan suhu tanah, siklus air : penguapan, awan, hujan dan neraca air, klasifikasi iklim dan iklim Indonesia.

  • Hidrologi
Mempelajari hujan dan analisis data hujan, pengertian dan pentingnya infiltrasi, proses dan faktor yang mempengaruhi infiltrasi, aliran permukaan, analisis aliran sungai, air bawah tanah, evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, dan irigasi.

  • Kualitas Udara
Membahas polusi udara, penilaian tingkat pencemaran udara, metode pengukuran, peraturan perundangan tentang baku mutu kandungan polutan udara, teknik-teknik pengendalian dan pengelolaan udara, hubungan iklim terhadap polusi udara.

  • AMDAL
Mempelajari latar belakang perlunya pengelolaan lingkungan hidup berdasarkan perundangan dan ketentuan yang ada, pelaksanaan studi AMDAL, prosedur administrative dan teknis, penyusunan ANDAL (Analisis Dampak Lingkungan), RKL (Rencana Pengelolaan Lingkungan), RPL (Rencana Pemantauan Lingkungan) serta UKL (Upaya Pengelolaan Lingkungan) dan UPL (Upaya Pemantauan Lingkungan). Diskusi studi kasus penyusunan ANDAL, RKL, RPL, UKL, UPL, dari beberapa kegiatan yang memberikan dampak pada lingkungan.

  • Bioremediasi
Membahas pengertian dan batasan, mikroorganisme yang berpotensi dalam bioremediasi, biodegradasi senyawasenyawa pencemar lingkungan biomonitoring toksisitas bahan pencemar, teknologi bioremediasi in situ dan ex situ.

  • Toksikologi Lingkungan
Membahas berbagai jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan rumah tangga, peternakan, industri baik yang berbantuk cair, padat maupun udara, cara penanggulangan serta pemanfaatan limbahnya.

  • Sistem Manajemen K3
Mempelajari dasar-dasar, perencanaan, implementasi, audit, dan penyusunan laporan K3 dan Sistem K3 dalam perusahaan.

  • Pertanian Organik
Membahas batasan dan pengerian pertanian organik, jenis-jenis sampah organik yang digunakan untuk perbaikan lahan; cara dan teknik penggunaan bahan orgaik untuk perbaikan lahan; proses dekomposisi dan degradasai bahan organic; monitoring dan evaluasi hasil pertanian organik.
Seru kan?? Pasti dong!! Dan tentu kita tahu sebelumnya yang pernah dibahas di artikel Program Diploma IPB bahwa sistem belajarnya 40% teori dan 60% praktikum, otomatis kalian gak akan pernah bosen deh jadi mahasiswa D3 IPB, apalagi di Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan selain belajar di dalam ruangan perkuliahan, kita juga bakalan sering belajar di outdoor seperti di hutan, gunung, kebun, dll. seru banget kan? pastinya.. apalagi buat kamu yang suka hiking traveling. Selain itu mahasiswa Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan juga banyak menghabiskan waktunya di dalam laboratorium.

Lalu bagaimana dengan prospek kerjanya? jangan ditanya lagi, banyak lapangan pekerjaan untuk mahasiswa lulusan Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan. Salah satu contohnya yaitu:

Lapangan Pekerjaan

  1. Tenaga ahli madya divisi lingkungan perusahaan.
  2. Tenaga pelaksana pemantauan lingkungan di bagian lingkungan hidup perusahaan industri.
  3. Tenaga ahli madya pada konsultan lingkungan (AMDAL, Audit Lingkungan).
  4. Tenaga kerja pada unit pengelolaan limbah industri (IPAL industri).
  5. Staf teknis pada Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (BAPEDAL) dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD).
  6. Penanggungjawab, supervisor treatment pada Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL).

Cara daftar atau masuk Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan Program Diploma IPB itu bagaimana sih? Semua sudah dijelaskan di artikel sebelumnya baca: Program Diploma IPB

Nah itu dia sahabat hijau segelintir informasi mengenai Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan Program Diploma IPB. Semoga bermanfaat ya.. buat kalian yang masih kepo hehe.. mengenai Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan, bisa kalian tanyakan di kolom komentar, Insya Allah saya akan bantu jawab. Terimakasih sahabat hijau.


Baca juga: Cara menentukan Jurusan
Program Diploma (D3) Institut Pertanian Bogor (IPB); Program Keahlian Teknik dan Manajemen Lingkungan
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.

20 komentar

Tulis komentar
avatar
Anonymous
July 8, 2016 at 8:07 AM

kak,bisa nggak lanjut ke s1 dari d3 teknik dan manejemen lingkugan ipb ??
kalau bisa,biasanya ke universitas dan jurusan apa ya kak?

Reply
avatar
July 13, 2016 at 5:10 AM

OK, sebelumnya terimakasih ya udah mau mampir di blog kaka nih...

Jawabannya, Bisa ko dek..
Bisa ke Univ. Sahid, Unbraw, dan UI
Kebanyakan dari kaka tingkat yang udah lulus ngelanjutinnya ke Universitas Brawijaya
dan kalo ke UI lanjutnya ke Kesehatan Masyarakat

Reply
avatar
Anonymous
August 20, 2016 at 3:46 PM

Kak lulusan PK ini biasanya kebanyakan kerja dimana kak?

Reply
avatar
August 22, 2016 at 5:23 AM

kak kalo lanjut ipb lagi gak bisa apa? kalo di ui kenapa gak ke teklingnya juga? kan disana ada? knp ke kesmasnya?

Reply
avatar
September 1, 2016 at 4:31 PM

Ada yg kerja di bagian analisis (kerja di LAB) uji limbah, udara, dll.
ada juga yang kerja di bagian K3.
Bahkan ada beberapa yang jadi konsultan lingkungan.

Reply
avatar
September 1, 2016 at 4:33 PM

semua universitas pasti punya kebijakan masing-masing dek, jadi yaa mau gak mau kita harus ngikutin kebijakannya.

tetap semangat! apapun kampusnya yang penting bagaimana kita menghadapinya.

Reply
avatar
September 27, 2016 at 9:55 PM

Lanjut ub teknik lingkungan?emang bisa ya,namanya program lanjutan apa sih?sekian terima kasih

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:22 AM

KOREKSI

ternyata kaka tingkat saya bukan lanjut ke UB tapi ke Airlangga
(mohon maaf ya atas kesalahan infonya)

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:25 AM

Airlangga - Ilmu dan Teknologi Lingkungan

Reply
avatar
September 29, 2016 at 1:27 AM

KOREKSI

ternyata kaka tingkat saya bukan lanjut ke UB tapi ke Airlangga.
dan ternyata di UB memang tidak ada program ekstensi lingkungan
(mohon maaf ya atas kesalahan infonya)

jika kaka punya informasi yang lebih dan valid, mungkin bisa di share di sini juga..
terimakasih ya ka telah berkunjung :)

Reply
avatar
September 29, 2016 at 6:51 PM

Setau saya sekarang unair ga bisa nrima lagi,dulu emang bisa ekstensi ke kesmas tp sekarang tidak bisa.kalo di ub kan ada alih program ke s1 teknik kan,apakah lulusan d3 ipb lnk bisa lanjut teknik pengairan di ub atau teknik lain.apakah harus linier ke tekling?kalo lanjut ke teknik sipil its atau d4 k3 bisa gak ya?

Reply
avatar
September 29, 2016 at 6:53 PM

Setau saya sekarang unair ga bisa nrima lagi,dulu emang bisa ekstensi ke kesmas tp sekarang tidak bisa.kalo di ub kan ada alih program ke s1 teknik kan,apakah lulusan d3 ipb lnk bisa lanjut teknik pengairan di ub atau teknik lain.apakah harus linier ke tekling?kalo lanjut ke teknik sipil its atau d4 k3 bisa gak ya?

Reply
avatar
October 1, 2016 at 8:06 PM

untuk informasi yang melanjutkan ke UB saya belum menemukan dan mendengar dari kaka tingkat, mungkin saya akan gali informasi lagi.

untuk informasi tambahan:
dari lulusan D3 IPB Lingkungan bisa melanjutkan
1. Teknik ====> a) STTL (Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan) ITY (Institut Teknologi Yogyakarta), b) Univ. Syahid, c) ITENAS

2. Kesehatan lingkungan atau K3 ====> a) UNSRI, b) Airlangga, c) UNJ, d) UI (ada isu tahun-tahun sekarang mau tutup ekstensi, tapi itu belum pasti)

Untuk lebih jelasnya kaka bisa tanyakan ke Dosen Pembimbing atau Konselor kaka yang ada di kampus. Mengingat setiap kampus mempunyai kebijakan masing-masing.


terimakasih ya ka telah berkunjung :)
Salam Hijau dari anak Lingkungan.

Reply
avatar
Anonymous
October 2, 2016 at 3:12 AM

Terima kasih kak.
Saya hendak tanya yang di UNJ apakah ekstensi bener ada,saya browsing2 tidak ada jurusan k3 itu kak,mohon infonya dong ka

Reply
avatar
May 27, 2017 at 7:56 PM

Materi waktu matrikulasi apa saja kak?

Reply
avatar
June 15, 2017 at 12:50 AM

ada dua matakuliah yaitu Matematika sama PPLH (Peraturan Perundang-undangan Lingkungan Hidup).

Reply
avatar
Anonymous
July 13, 2017 at 9:05 AM

kak, daya tampung D3 IPB LNK berapa ya kak?

Reply
avatar
July 13, 2017 at 11:40 AM

Kurang lebih 120 orang/angkatan
Jadi setiap angkatan dibagi menjadi 2 kelas besar (Kelas A dan Kelas B)
dan kelas besar tersebut dibagi lagi menjadi 2 kelas kecil (Kelas A1, A2, B1, dan B2). Nah setiap kelas kecil jumlah mahasiswanya kurang lebih 30 orang.

Semoga membantu.

Reply
avatar
July 15, 2017 at 10:40 PM This comment has been removed by the author.
avatar
August 11, 2017 at 2:22 AM

ijin bantu menjawab
matematika, bhs inggris, dan bhs indonesia

Reply

Terimakasih telah berkomentar dengan sopan :)